SELAMAT DATANG DI WEBSITE YAYASAN ASSIHA HASBY QOSIMIYAH
KURIKULUM TERPADU
KURIKULUM TKIT AL JAUHAROTUNNAQIYYAH
I. Pendahuluan
Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) Al Jauharotunnaqiyyah merupakan lembaga pendidikan anak usia dini yang berlandaskan Al-Qur’an dan Sunnah serta nilai-nilai pendidikan karakter Indonesia. Kurikulum TKIT ini dirancang secara elegan, profesional, dan relevan dengan kebutuhan perkembangan anak abad 21 melalui penerapan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) yang mengutamakan proses berpikir kritis, kolaboratif, kreatif, serta pembelajaran kontekstual berbasis pengalaman.
II. Dasar Hukum
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003.
Peraturan Pemerintah No. 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Permendikbud No. 137 Tahun 2014 tentang Standar PAUD.
Permendikbud No. 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum Merdeka
Kurikulum Lokal
Pedoman Kurikulum JSIT Indonesia.
III. Visi, Misi, dan Tujuan Pendidikan
Visi
Mewujudkan generasi cerdas, Ceria dan Berakhlak Muliaan dan bermakna.
Misi
Menyelenggarakan pembelajaran yang terpadu antara pendidikan Islam, karakter, dan kecerdasan anak.
Mengembangkan potensi anak melalui kegiatan yang inovatif, aktif, dan berpusat pada anak.
Menanamkan kebiasaan baik (habits) melalui pembiasaan islami sehari-hari.
Mengintegrasikan Deep Learning dalam seluruh proses kegiatan belajar.
Membangun lingkungan yang kondusif, aman, dan menyenangkan bagi tumbuh kembang anak.
Tujuan
Anak memiliki fondasi akhlak mulia, sikap sosial, spiritual, dan kemandirian.
Anak dapat berkomunikasi dengan baik, mampu berpikir kritis, serta memiliki kreativitas.
Anak mampu mengenal dan mengamalkan nilai-nilai Islam sejak dini.
Anak memiliki kesiapan optimal untuk memasuki jenjang pendidikan dasar.
IV. Struktur Kurikulum
Kurikulum TKIT mencakup 3 komponen utama:
Kurikulum Islami (Adab, Akhlak, Pembiasaan, Ibadah Harian, Pembelajaran Al-Qur’an)
Kurikulum Nasional PAUD Merdeka
Program Penguatan melalui Deep Learning
V. Komponen Kurikulum Islami
1. Pembiasaan Harian
Doa-doa harian
Shalat dhuha dan pembiasaan shalat berjamaah
Adab makan, minum, dan bersosialisasi
Program Tahfizh dan Tilawah
2. Pembelajaran Al-Qur’an
Metode tilawah/iqra sesuai tingkat kemampuan
Tahfiz juz 30 (surat pendek)
Adab terhadap Al-Qur'an
3. Akhlak dan Karakter Islami
Kejujuran
Kemandirian
Tanggung jawab
Sopan santun dan hormat
A. Lingkup Perkembangan
Nilai Agama dan Moral
Motorik Kasar dan Halus
Kognitif
Bahasa
Sosial Emosional
Seni
VII. Integrasi Deep Learning dalam Pembelajaran TKIT
1. Project Based Learning (PjBL)
2. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
3. Inquiry Learning
4. Pembelajaran Sosial Emosional (SEL)
Mengelola emosi
Bekerja sama dalam kelompok
Empati dan komunikasi
VIII. Program Unggulan TKIT
Tahfizh Juz 30
Pembiasaan Ibadah Harian
Bina Pribadi Islami (BPI)
Outing Class & Field Trip Islami
Kegiatan Tematik Deep Learning
Market Day & Entrepreneur Kids
Fun Science
Layanan Konseling Anak & Parenting
IX. Penilaian Perkembangan Anak
X. Kalender Akademik TKIT
XI. Penutup
Kurikulum TKIT Al Jauharotunnaqiyyah ini diharapkan menjadi pedoman resmi dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini yang berkualitas, islami, menyenangkan, dan memiliki kebermaknaan mendalam melalui penerapan Deep Learning. Kurikulum ini dapat dikembangkan sesuai kebutuhan dan karakteristik peserta didik.
Disusun oleh:
Tim Kurikulum TKIT Al Jauharotunnaqiyyah
Kontak
Hubungi kami untuk informasi
TLP./WA
info@sditaljauharorunnaqiyyah.com
Hak Cipta © Assiha Hasby Qosimiyah 2025
Website
www.sditaljauhar.sch.id
