KURIKULUM TERPADU

KURIKULUM TKIT AL JAUHAROTUNNAQIYYAH

I. Pendahuluan

Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) Al Jauharotunnaqiyyah merupakan lembaga pendidikan anak usia dini yang berlandaskan Al-Qur’an dan Sunnah serta nilai-nilai pendidikan karakter Indonesia. Kurikulum TKIT ini dirancang secara elegan, profesional, dan relevan dengan kebutuhan perkembangan anak abad 21 melalui penerapan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) yang mengutamakan proses berpikir kritis, kolaboratif, kreatif, serta pembelajaran kontekstual berbasis pengalaman.

II. Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003.

  2. Peraturan Pemerintah No. 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.

  3. Permendikbud No. 137 Tahun 2014 tentang Standar PAUD.

  4. Permendikbud No. 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum Merdeka

  5. Kurikulum Lokal

  6. Pedoman Kurikulum JSIT Indonesia.

III. Visi, Misi, dan Tujuan Pendidikan

Visi

Mewujudkan generasi cerdas, Ceria dan Berakhlak Muliaan dan bermakna.

Misi

  1. Menyelenggarakan pembelajaran yang terpadu antara pendidikan Islam, karakter, dan kecerdasan anak.

  2. Mengembangkan potensi anak melalui kegiatan yang inovatif, aktif, dan berpusat pada anak.

  3. Menanamkan kebiasaan baik (habits) melalui pembiasaan islami sehari-hari.

  4. Mengintegrasikan Deep Learning dalam seluruh proses kegiatan belajar.

  5. Membangun lingkungan yang kondusif, aman, dan menyenangkan bagi tumbuh kembang anak.

Tujuan

  • Anak memiliki fondasi akhlak mulia, sikap sosial, spiritual, dan kemandirian.

  • Anak dapat berkomunikasi dengan baik, mampu berpikir kritis, serta memiliki kreativitas.

  • Anak mampu mengenal dan mengamalkan nilai-nilai Islam sejak dini.

  • Anak memiliki kesiapan optimal untuk memasuki jenjang pendidikan dasar.

IV. Struktur Kurikulum

Kurikulum TKIT mencakup 3 komponen utama:

  1. Kurikulum Islami (Adab, Akhlak, Pembiasaan, Ibadah Harian, Pembelajaran Al-Qur’an)

  2. Kurikulum Nasional PAUD Merdeka

  3. Program Penguatan melalui Deep Learning

V. Komponen Kurikulum Islami

1. Pembiasaan Harian

  • Doa-doa harian

  • Shalat dhuha dan pembiasaan shalat berjamaah

  • Adab makan, minum, dan bersosialisasi

  • Program Tahfizh dan Tilawah

2. Pembelajaran Al-Qur’an

  • Metode tilawah/iqra sesuai tingkat kemampuan

  • Tahfiz juz 30 (surat pendek)

  • Adab terhadap Al-Qur'an

3. Akhlak dan Karakter Islami

  • Kejujuran

  • Kemandirian

  • Tanggung jawab

  • Sopan santun dan hormat

A. Lingkup Perkembangan

  1. Nilai Agama dan Moral

  2. Motorik Kasar dan Halus

  3. Kognitif

  4. Bahasa

  5. Sosial Emosional

  6. Seni

VII. Integrasi Deep Learning dalam Pembelajaran TKIT

1. Project Based Learning (PjBL)

2. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)

3. Inquiry Learning

4. Pembelajaran Sosial Emosional (SEL)

  • Mengelola emosi

  • Bekerja sama dalam kelompok

  • Empati dan komunikasi

VIII. Program Unggulan TKIT

  1. Tahfizh Juz 30

  2. Pembiasaan Ibadah Harian

  3. Bina Pribadi Islami (BPI)

  4. Outing Class & Field Trip Islami

  5. Kegiatan Tematik Deep Learning

  6. Market Day & Entrepreneur Kids

  7. Fun Science

  8. Layanan Konseling Anak & Parenting

IX. Penilaian Perkembangan Anak

X. Kalender Akademik TKIT

XI. Penutup

Kurikulum TKIT Al Jauharotunnaqiyyah ini diharapkan menjadi pedoman resmi dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini yang berkualitas, islami, menyenangkan, dan memiliki kebermaknaan mendalam melalui penerapan Deep Learning. Kurikulum ini dapat dikembangkan sesuai kebutuhan dan karakteristik peserta didik.

Disusun oleh:
Tim Kurikulum TKIT Al Jauharotunnaqiyyah